Pertanyaan paling sering tentang MADU

  • ✔ Mengkonsumsi madu dengan dicampur air putih hangat atau dingin terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar madu lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh.
  • ✔ Madu dikonsumsi dalam keadaan perut kosong fungsinya agar nutrisi dapat diserap maksimal karena berinteraksi dengan enzim di perut.
  • ✔ Madu ditelan pelan – pelan supaya cairan madu dapat melapisi seluruh cairan saluran cerna.
  •  
  • ✔ Meskipun madu dapat diminum tiga kali sehari pagi, siang dan malah hari. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi madu adalah pagi hari. Madu akan membantu menyediakan cukup energi untuk menunjang aktivitas tubuh dan otak, juga meningkatkan hormon serotonin.
  • ✔ Perhatikan takarannya sebagai pengganti gula, sama seperti gula madu adalah salah satu pemanis alami sehingga memiliki potensi menaikkan kadar gula dalam darah. Oleh karenanya konsumsi madu sebagi pengganti gula sebaiknya tidak berlebihan terutama bagi penderita diabetes. Madu juga memiliki jumlah kalori lebih banyak dibanding gula pasir.
  • ✔ Perhatikan takarannya sebagai pengganti gula, sama seperti gula madu adalah salah satu pemanis alami sehingga memiliki potensi menaikkan kadar gula dalam darah. Oleh karenanya konsumsi madu sebagi pengganti gula sebaiknya tidak berlebihan terutama bagi penderita diabetes. Madu juga memiliki jumlah kalori lebih banyak dibanding gula pasir.
  • ✔ Enzim Invertase, yang dikenal dapat mengubah sukrose menjadi dekstrose dan levulose. Menghidrolisis sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Madu memiliki aktivitas invertase tingkat tinggi.
  • Enzim Diastase ( amylase )yang dikenal dapat mengubah tepung manjadi maltose.
  •  
  • ✔ Enzim Katalase yang dapat mendemposisi hydrogen peroksidan (menguraikan hydrogen peroksidan menjadi bentuk yang lebih sederhana). Atau merubah peroksidan menjadi air dan oksigen. katalase menguraikan hidrogen peroksida dan kehadirannya akan mengurangi aktivitas antibakteri madu. Yang berarti madu dengan aktivitas katalase tinggi memiliki aktivitas peroksida antibakteri yang rendah.

  • ✔ Enzim Inulase yang dapat mengubah insulin menjadi levulose.

  • ✔ Glucose oxidase.

  • ✔ Enzim dari zat-zat aromatic, antara lain: Terpenes, Aldehid, Ester.

  • ✔ Enzim dari zat-zat lain seperti misalnya: Manitol, Dulcitol.

  • ✔ Enzim Maltose yang dapat membantu membangkitkan energi atau tenaga yang jarang sekali bisa terjadi.

  • ✔ Acid phosphatase menghilangkan fosfat dari fosfat organik.

  • ✔ Protease ( proteolitic enzyme ) menghidrolisis protein dan polipeptida untuk menghasilkan peptida dengan berat molekul lebih rendah.

  • ✔ Esterase.

  • ✔ b – glucosidase.
  • ✔ Untuk menjalankan fungsinya, tubuh mmerlukan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Nutrisi merupakan senyawa dalam makanan yang membantu mempertahankan proses fisiologi dalam tubuh. Jenisnya ada dua yaitu mikronutrien dan makronutrien. Disebut karena tubuh membutuhkannya dalam jumlah yang lebih sedikit, sedangkan markonutrient merupakan zat gizi yang menyumbangkan energi bagi tubuh seperti karbohidrat,protein dan lemak.

  • ✔ Dalam madu terdapat dua unsur tersebut yaitu mikronutrient dan makronutrien, adapun kandungan mikronutrient dalam madu adalah vitamin dan mineral.

  • ✔ Vitamin yang terkandung dalam madu adalah Vit B1 ( tiamin), Vit B2 ( riboflavin), Vit B3 ( asam nikotinat atau niasin ), Vit B5 ( asam pantotenat ), Vit B6 ( pridoksin), dan vitamin C ( asam askorbat ). Ditemukan Vit K dan Vit B9 pada jenis madu tertentu.

  • ✔ Mineral yang terkandung dalam madu adalah kalsium, magnesium, fosfor dan kalium.

  • ✔ Sedangkan kandungan makronutrient dalam madu adalah fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa dan karbohidrat kompleks lainnya.

  • ✔ Protein yang terdapat pada madu adalah beberapa enzim antara lain fosfatase, amilase,oksidase, invertase, katalase.

Secara umum, penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung gula. Namun, apakah pantangan ini berlaku untuk madu? Sebab madu dikatakan leih baik untuk tubuh daripad gula tebu.Madu berbeda dengan gula, meski sama- sama terdiri dari glukosa dan fruktosa, pada gula tebu menempel menjadi sukrosa, sedangkan dalam Madu kedua jenis gula ini terpisah. Glukosa dan fruktosa diserap tubuh dalam kecepatan yang berbeda. Namun karena dalam gula tebu keduanya menyatu dan tergolong karbohidrat sederhana, tubuh dengan mudah memecahkan sehingga kadar gula dalam darah bisa naik dengan cepat. Sedangkan dalam Madu membutuhkan insulin leih sedikit serta mengandung indeks glikemik lebih rendah daripada gula tebu. Karena mengandung karbohidrat kompleks, madu lebih sulit dipecah oleh tubuh, sehingga kadar glukosa dalam darah tidak melonjak tinggi seperti saat mengkonsumsi gula. Penderita diabetes boleh mengkonsumsi madu, namun jumlah yang dikonsumsi tergantung tingkat diabetes yang diderita. Jika sudah parah disarankan untuk konsultasi dokter dulu. Madu yang dikonsumsi pun harus madu asli, bukan madu palsu yang tinggi gula. Madu juga mencegah penderita diabetes dari amputasi, Resiko amputasi cukup tinggi pada penderita diabetes. Madu dapat berfungsi untuk mengeringkan luka dengan menyerap cairan serta anti bakterinya masuk dan menyembuhkan luka.

  • ✔ Madu asli yang disimpan dalam sebuah tempat tertutup akan tetap stabil dan tidak berubah kualitasnya dalam jangka waktu lama, dikarenakan bahwa mikroorganisme tidak dapat hidup dilingkungan yang tingkat keasamannya tinggi. Madu mempunyai kandungan PH yang tinggi yaitu 3,5 sampai 4,2, selain itu madu memiliki kandungan air yang sangat rendah sehingga makin meminimalisir kemungkinan mikroorganisme tsb dapat hidup disana.

  • ✔ Madu murni sangat tinggi gulanya, bahkan 80% kandungan madu terdiri dari gula alami, tingginya gula dapat menghambat pertumbuhan bebrbagai jenis bakteri, kekentalan ini membuat gula tidak dapat terfermentasi dan oksigenpun tidak mudah larut ke dalamnya. Proses kimia mengubah gula menjadi asam glukonat akan menghasilkan senyawa yang memberikan madu sifat anti bakteri dana antimikroba lainnya seperti polifenol dan flavanoid sehingga membantu pertumbuhan mikroorganisme penyebab makanan busuk.

  • ✔ Namun fungsi madu bisa menurun karena beberapa hal antara lain karena terkontaminasi oleh bakteri asing selama proses tidak higeinis, contoh spora dari neurotoxin C botlinumbahkan ditemukan dalam beberapa sample madu, spora ini tidak berbahaya untuk orang dewasa, tapi bisa berisiko pada bayi.
  • ✔  Madu palsu sering dicampur dengan gula sehingga rasanya sangat manis. Jika dikonsumsi terus menerus maka juga bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti diabetes dan bahaya obesitas.

  • ✔  Madu palsu juga ditambahkan dengan beberapa bahan perasa dan pemanis buatan yang bisa meningkatkan resiko penyakit ginjal, diabetes dan kanker.

  • ✔  Madu palsu sering diolah dengan proses yang tidak higienis atau rumahan sehingga bisa terkontaminasi berbagai bakteri dan penyakit yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan alergi.

Semua MADU MURNI dapat dikonsumsi segala usia sejak berabad-abad lalu, tidak ada pengklasifikasian madu anak, madu dewasa, atau madu khusus pria. Ini adalah bahasa marketing para penjual madu.
MADU MURNI boleh dikonsumsi segala usia dan jenis kelamin, karena didalam Al-Qur’an dan Hadits yang menjelaskan tentang madu …tidak pernah dibedakan berdasarkan usia dan jenis kelamin.
Hanya saja, didalam ilmu per-madu-an dan per-lebah-an yang telah kami pelajari dan praktekan selama kurun waktu hampir 10 tahun, eketifitas kerja madu dalam proses pengobatan akan lebih baik bila disesuaikan berdasarkan jenis madu untuk jenis penyakitnya. – See more at: http://madusegarshofi.com/halaman/faq#sthash.88ZuHk6r.dpuf

Coba campurkan madu ke dalam air teh. Jika madu itu asli, maka air teh akan menjadi keruh. Jika madu itu palsu, warna air teh tidak akan berubah, seperti Anda melarutkan gula ke dalamnya.

Untuk membuktikan secara pasti harus menggunakan uji laboratorium.

Semut menyukai aroma dan rasa yang manis. Madu memiliki aroma dan rasa manis yang membuat semut tertarik. Bahkan sarang lebah pun bisa dikerubung semut. Namun madu asli biasanya mengandung sedikit propolis yang tercampur di dalam sarangnya. Propolis mengandung zat-zat yang tidak disukai serangga, sehingga biasanya semut hanya tertarik dengan aroma manisnya saja namun tidak menghisap madu. Di samping itu sifat kekentalan madu menyulitkan semut untuk menghisapnya.

Madu pada umumnya tidak mudah beku di dalam kulkas. Namun ada beberapa jenis madu yang bisa mengkristal jika didiamkan lama meskipun tidak disimpan di dalam pendingin. Hal ini merupakan karakteristik/sifat madu yang normal. Jadi tidak bisa menjadi indikator madu asli/tidak. Madu Multiflora Bina Apiari merupakan salah satu madu yang bisa mengkristal setelah disimpan beberapa lama. 

0