MENGENAL LEBAH MADU

Sarang lebah madu telah lama memberi manusia madu dan lilin lebah. Penggunaan komersial semacam itu telah melahirkan industri perlebahan besar, meskipun banyak spesies masih ada di alam liar. Semua lebah madu adalah serangga sosial dan kooperatif. Penduduk sarang umumnya dibagi menjadi tiga tipe.

 

  1. LEBAH PEKERJA
    Pekerja adalah satu-satunya lebah yang kebanyakan orang lihat. Lebah ini adalah lebah betina yang tidak berkembang secara seksual. Lebah Pekerja mencari makan (serbuk sari dan nektar dari bunga), membangun dan melindungi sarang, membersihkan, mengedarkan udara dengan mengalahkan sayap mereka, dan melakukan banyak fungsi sosial lainnya.
  2. DRONE
    Lebah jantan disebut drone — lebah madu kategori kelas tiga. Beberapa ratus drone hidup di setiap sarang, tetapi mereka dikeluarkan dari sarang pada masa kekurangan nektar bunga ketika sarang masuk ke tahap bertahan hidup.Tugas utama Drone adalah untuk kawin dengan lebah ratu dan memperbanyak koloni.
  3. LEBAH RATU
    Pekerjaan ratu itu sederhana — yaitu bertelur yang akan menelurkan lebah generasi berikutnya. Biasanya hanya ada satu ratu di dalam sarang. Jika ratu mati, pekerja akan membuat ratu baru dengan memberi makan salah satu larva betina makanan eksklusif dari makanan yang disebut “royal jelly.” Ramuan ini memungkinkan pekerja untuk berkembang menjadi ratu yang subur. Lebah Ratu juga mengatur aktivitas sarang lebah dengan memproduksi bahan kimia yang memandu perilaku lebah lainnya.

 

SISTEM PEMERINTAHAN KERAJAAN LEBAH

Disebut kerajaan karena pada dunia lebah , dalam satu koloni hanya dipimpin oleh satu ratu lebah.
Ratu lebah mengatur kerja koloni dengan cara menyebarkan hormon yang disebut FEROMON.
Feromon tersebar ke berbagai area tertentu yang ditandai oleh lebah ratu sehingga lebah pekerja tidak akan tersesat dalam melakukan pekerjaannya.
Selain itu , saat terjadi serangan pada koloni lebah, misal ada satu lebah yang menyengat kemudian mati maka lebah mati tersebut akan meninggalkan hormon yang dapat memanggil lebah lain dan melakukan serangan secara serentak dan dalam jumlah banyak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0