Apa yang Anda Lakukan dengan Madu yang Mengkristal?

Apa yang Anda Lakukan dengan Madu yang Mengkristal?

UNTUK BEBERAPA ALASAN, ada persepsi bahwa madu yang mengkristal telah dianggap “buruk”
atau bahwa itu adalah tanda madu palsu.

Tidak!

Ini sebenarnya pertanda madu berkualitas tinggi. Jangan membuang madu mengkristal Anda, kecuali jika Anda suka membuang makanan lezat.

Madu adalah kombinasi dua gula super jenuh: glukosa dan fruktosa. Karena super jenuh, terjadilah proses kimia alami yang beberapa gula akhirnya memisahkan diri. Madu bahkan akan mengkristal ketika masih dalam sarang.

Madu mengkristal sangat lezat jika dicampurkan ke dalam teh, yogurt, bagel panggang, dan oatmeal. Ini adalah formula luar biasa untuk tambahan bumbu saat memasak ayam atau tumis, dan … (hei..kenapa saya jadi bahas makanan ..wkwkwkwk)

 

Tiga hal yang membuat madu cenderung mengkristal:

1. Suhu

2.perbandingan kadar glukosa dan fruktosa dalam madu

3. Serbuk sari


Mari kita jabarkan apa yang terjadi pada madu sehingga mengkristal, dan apa yang dapat dilakukan untuk atasi madu kristal.

Suhu

Madu akan mengkristal bahkan saat ada di dalam sarang jika suhu di bawah 50ºF (10ºC), dan madu akan mengkristal dalam wadah Anda jika disimpan di lemari yang dingin. Menyimpan madu pada tempat yang lebih hangat akan memperlambat proses kristalisasi. Cukup mudah untuk mengubah madu Anda yang mengkristal kembali menjadi cairan halus dengan menghangatkannya. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan meletakkan madu Anda di dalam mangkuk kemudian madu dalam mangkuk tersebut diletakkan di air hangat dan perlahan-lahan biarkan mencair dengan sendiri nya. Jangan gunakan Oven microwave karena terlalu panas untuk madu dan dapat merusak kandungan enzim dalam madu.

Rasio glukosa dan fruktosa dalam madu

Madu adalah larutan dua gula super jenuh: glukosa dan fruktosa. Proporsi dari kedua gula ini tergantung dari  karakteristik tanaman yang di makan lebah untuk membuat madu . bagian yang mengkristal adalah glukosa , sehingga beberapa jenis madu lebih tahan terhadap kristalisasi karena mereka memiliki glukosa rendah.

Alfalfa dan madu semanggi mengkristal dengan cepat; Blackhoney ,maple, tupelo, dan madu blackberry mengkristal perlahan. Sebenarnya tidak ada cara mudah bagi seseorang yang bukan pecinta makanan madu untuk mengetahui madu yang mengkristal lebih cepat atau lebih lambat, tetapi ini adalah alasan yang baik untuk bereksperimen dengan rasa dan aroma madu tanaman yang berbeda.

Serbuk sari

Serbuk sari juga bagian dari madu, dan menunjukkan sebagai semacam sumber madu. Serbuk sari dalam madu menunjukkan tanaman apa yang dimakan lebah. Lebah sadar atau tidak sadar, saat mereka minum nektar untuk membuat madu, kaki lebah ditutupi dengan serbuk sari. Serbuk ini lengket – serbuk sari itu adalah sperma tanaman yang ada di mana-mana.Serbuk sari berbentuk butiran seperti pasir kecil , jika dimasukkan ke dalam kulkas , serbuk ini akan mendingin dan membentuk lapisan kristal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0